BANGUNAN YANG MENAKJUBKAN ANGKOR WAT ( KAMBOJA )

Angkor Wat adalah kompleks candi kuno yang terletak di Angkor, Kamboja sekitar 5,5 kilometer dari kota modern Siem Reap. Merupakan situs arkeologi yang penting di Asia Tenggara. Angkor Wat berasal dari abad ke 12 dan kuil utamanya menjadi pusat keagamaan. Angkor Wat sendiri dibangun atas perintah Raja Suyarvarman. Pembangunan kuil Angkor Wat sendiri menghabiskan waktu selama 30 tahun.

Raja Suryavarman II memerintahkan pembangunan Angkor Wat menurut kepercayaan Hindu yang meletakkan gunung Meru sebagai pusat dunia dan merupakan tempat tinggal dewa-dewi Hindu, dengan itu menara tengah Angkor Wat adalah menara tertinggi dan merupakan menara utama dalam kompleks bangunan Angkor Wat. Sebagaimana mitologi gunung Meru, kawasan kuil Angkor Wat dikelilingi oleh dinding dan terusan yang mewakili lautan dan gunung yang mengelilingi dunia.

ANGKOR WAT ( KAMBOJA )
ANGKOR WAT
Jalan masuk utama ke Angkor Wat yang sepanjang setengah kilometer dihiasi pagar susur pegangan tangan dan diapit oleh laut buatan manusia yang disebut sebagai Baray. Jalan masuk ke kuil Angkor Wat melalui pintu gerbang, mewakili jambatan pelangi yang menghubungkan antara alam dunia dengan alam dewa-dewa.



Angkor Wat berada dalam keadaan yang baik dibandingkan dengan kuil lain di dataran Angkor. Itu disebabkan Angkor Wat telah dialih fungsikan menjadi kuil Buddha dan dipelihara serta digunakan secara terus menerus ketika agama Buddha menggantikan agama Hindu di Angkor pada abad ke-13. Kuil Angkor pernah dijajah oleh Siam pada tahun 1431.

Pada tahun 1861 ilmuwan Perancis Henri Mouhot sengaja memunculkan kembali kuil ini dan ia mempopulerkannya di belahan bumi barat ketika muncul catatan perjalanan tersebut. Pada 1908 Angkor Wat di restorasi, yang biayanya berasal dari orang perancis. Restorasi ini masih dibuat hingga hari ini, tapi terganggu selama tahun 1980 dan 1990 ketika Khmer Merah mengambil alih negara selama perang sipil. Untungnya, kekerasan perang ini tidak menyebabkan kerusakan besar pada sisa-sisa candi.



Angkor Wat mungkin merupakan simbol terbesar dari Kamboja, candi ini adalah sangat penting untuk Kamboja sejak tahun 1863. Sejak tahun 1990 Angkor Wat mengalami banjir besar pariwisata, terutama setelah UNESCO pada tahun 1992 menyatakan kuil ini sebagai Situs Warisan Dunia.

0 komentar:

Translate

Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

Popular Posts